Rancang dan Bangun Rumah Ideal Sesuai Keinginan dan ekspektasi Anda

Kami "Wijaya Kusuma One Arsitek" bergerak di bidang arsitektur , jasa rancang, jasa perencanaan dan konstruksi pembangunan yang profesional sehingga menghasilkan kualitas pekerjaan yang maksimal.

Perlu Kita ketahui jika, Menggunakan jasa Rancang Bangun profesional akan menghemat biaya dan waktu (tepat sasaran) Rumah Adalah Cerminan Kepribadian Serta Karakter Sosial pemiliknya

Our Services

Desain yang Maksimal

WK1 Arsitek berkomitmen memberi design yang sesuai dengan keinginan Anda tanpa mengesampingkan nilai fungsi utama ruang/ bangunan.

Read More

Matang dalam Konsep

Sebelum mendesign kami matangkan konsep dan kami lanjut membuat perencanaan yang matang dari 0 hingga gambar bisa dibaca tukang dengan detail sehingga mudah diaplikasikan dilapangan.

Read More

Berkembang Ikut Trend

Kami tim WK1 arsitek berkomitmen selalu belajar memberikan kesempurnaan dan selalu berkembang setiap proses design, perencanaan dan pimplementasinya

Read More

Pekerja dan Sub. Kon

Kami selalu mencarikan rekan kerja/ subkon- subkon terbaik Untuk menghasilkan yang terbaik

Read More

Recent Work

Penambahan ruang bimbel- Bogor

Penambahan ruang bimbel- Bogor



 Klik juga


https://www.wk1arsitek.com/2021/06/bangunan-4-lantai-jl-danau-limboto.html?m=1


Renovasi Total Rumah- Cimanggis, Jakarta Timur

Renovasi Total Rumah- Cimanggis, Jakarta Timur

 




Real photo


Foto Running project

Architect by Koswara, ST.
Perencanaan by Sutikno, ST.
Struktur by Nurul Chosasih, ST.

Rumah Hook 15m x 18m Renovasi total, yaitu bangunan lama di ambrukan semua(kecuali dinding yg masih sesuai design baru).

Eye catcing  bangunan ini salah satunya adalah bata rooster/ kisi kisi pas di cuci jemur sekaligus memberi angin untuk jemuran yg maksimal.

Bangunan ini di Design adem, lantai 1 ke lantai 2 nya 4m yg standart umumnya kurang dr itu Sdh cukup.terlihat dalam photo interior.


Poto real celling dan Interior

Jika dilihat tampak luar/ Fasad nya ini tergolong Rumah modern semi keklasikan, yang ciri- cirinya memakai profilan, relling yg mirip mirip ketempa ( lengkungan) dan lain- lain. tapi tetep sifatnya tidak terlalu kalaupun profilan hganya yang simple, kalaupun relling tempa tanpa tp tetep terlihat simplist.

Semoga bermanfaat

Terimakasih

Konsultasi Arsitek
081286455177

Klik juga
https://www.wk1arsitek.com/2021/06/bangunan-4-lantai-jl-danau-limboto.html?m=1

Masjid- Jati Negara Indah

Masjid- Jati Negara Indah

Gambar dan aplkasinya 

Architect by Nurul C., ST.

Pengawasan by  Sutikno, ST.

Finished tahap 1

Re Design Masjid .... 

Singkat Cerita masjid 2019 yg lalu Sdh terbangun struktur 3 lantai, kemudian pergantian DKM gambarnya kelanjutan pembangunan tdk ada/ hilang. 

Alhamdulillah kami dpt selesaikan Design Arsitekturnya.

Dan dikerjakan bertahap step by step sambil pengumpulan dana dr jamaah, bersyukur sudah selesai pekerjaan tahap pertama per Mei ini running tahap ke-2. 

Semoga bermanfaat

Konsultasi Arsitek/ pembangunan

WA 081286455177


Mengatasi Rembesan dinding dalam

Mengatasi Rembesan dinding dalam

 


Poto real..

Mengatasi rembesan dinding dalam.
Ada kalanya atau sering kita membangun dilahan yg mepet dengan lahan tetangga, apa lagi kita hidup di perkotaan.

Ada beberapa alternatif tahapan/ cara.

Salah satunya yg mungkin adalah dengan cek bagian atas dinding/tepi genteng yg berbatas dengan dinding tetangga tersebut dan lanjut diperbaiki  agar air hujan tidak masuk ke dalam celah antara dinding tersebut, mungkin dengan diketrik, di tambal semen sambut pasir yg halus/ atau pakia Aqu*gard/merk lain yg umumnya fungsinya untuk anti rembesan dak kemudian lapis Aqua pr*of untuk doblenya.

Ada cara kedua atau tahapan /alternatif kedua pada dinding dalamnya jika kwatir suatu saat rembes lagi. Mau dicat kwatir rontok lagi atau lembab. Yaitu dengan membuat partisi GRC di dempul rata/di semen putih. Yg rangkanya langsung nempel yg rembes tersebut kemudian dicat seakan-akan seperti tembok.

Semoga bermanfaat

Buka juga
https://www.wk1arsitek.com/2021/06/rumah-modernuda-karyo-kramat-jati.html

Terimakasih

Sutikno, ST.

Untuk konsultasi design, perencanaan dan pembangunan 081286455177

Membangun di area langganan banjir

Membangun di area langganan banjir

Merenovasi rumah di Lokasi biasa / langganan banjir ?

Ilustrasi, foto dari internet

Ilustrasi, foto dari internet

Oleh karena itu coba kita akan bahas bagaimana teknis2 terbaiknya agar tetep nyaman, awet, aman.

Lokasi yang biasanya langganan banjir umumnya perumahan, perumahan yg dulu ex lahannya Rawa/ daratan rendah. Contoh pinggir sungai, ex. Sawah.

Mungkin banyak yg bertanya, Kenapa pengembang/developer bangun rumah di area area tersebut... salah satu Pastinya terkait bisnis/ cost modal. Developer pasti membeli lahan yang murah tp lokasi cukup strategis.

Kembali lagi tentang membangun/ Renovasi rumah di lokasi langganan banjir, Tentunya membangun di Lokasi yg langganan banjir tidak jauh dr pemilihan material yg tahan Air. Atau mungkin menyiasati material agr tdk kena air agar lebih tahap lama.

Kita lihat beberapa tips membangun rumah di lahan yang rentan banjir:

. Pondasi/ struktur bawah, struktur ini ada tapak kakinya sebuah bangunan oleh karena itu harus  kuat dan tempat berdirinya harus kuat(tanah keras). Karena biasa terendam air/ daerah rawa umumnya. Kalau dalam ilmu sipil konstruksi Seharusnya dalam hal ini harus tetap tes tanah. Dengan nilai berapa nilai kelembabannya. Tp kita biasa pengalaman dilapangan tanah yg lembek dikasih cerucuk  bambu/ Dolken agar kekerasan tanah bertambah. Biasanya 1 titik tapak pondasi 8 sampai 10 batang.

Image pondasi cerucuk PO

. Dinding / struktur  badan, dinding meliputi struktur kolom /tiang, bata/hebel, plester Aci, dan finishing standart pengecatan. Karena di area banjir usahakan semua tahan Air kalau besi jika terlalu sering makan akan korosi/ karat maka usahakan penutup/ pengecoran sebaik mungkin dari perbandingan campurannya, proses pengadilannya dan begisting saat di cornya. 


. Ketinggian (Elevation) cara paling tepat untuk membangun rumah tahan banjir adalah membangun di atas ketinggian air banjir. Contohnya adalah rumah panggung tradisional.

Kita bisa bangun rumah dengan platform yang ditinggikan seperti rumah pantai dengan beton. Meski begitu, biasanya tempat parkir di bawah rumah harus dikorbankan jika terjadi banjir.


. Dinding tahan air, teknik umum untuk melindungi rumah dari air banjir adalah membangun dinding yang kokoh dan tahan air. Dinding perimeter dengan pagar tahan air bisa menjadi inspirasi. Kita juga bisa membuat tanggul kecil dengan dinding dalam lanskap, lalu menjaga air menjauhi bangunan, atau membiarkan banjir terpusat di taman untuk melindungi rumah.


. Bahan yang cocok, Sebaiknyaindari penggunaan bahan seperti kayu karena akan basah dan mudah rusak saat basah. Jangan gunakan jendela dan pintu dari kayu.

Lantai bisa dibuat dari jenis yang tertutup, artinya tidak akan menyerap air. Lantai beton bisa jadi pilihan terbaik untuk menghindari masalah banjir.

Klik juga 

https://www.wk1arsitek.com/2021/06/bangunan-4-lantai-jl-danau-limboto.html?m=1


Itulah Diatas tips membangun rumah Diatas lahan sering banjir.. semoga bermanfaat.


Sutikno

Sumber Referensi: haibunda.com

Membangun dengan Metode Modern Struktur baja(UNP 100)

Membangun dengan Metode Modern Struktur baja(UNP 100)

Bangunan peruntukan utama Rumah Marbot musholla, yg dibawahnya untuk gudang

Membangun Metode modern menggunakan baja UNP 100. Konsep rumah marbot hemat biaya dengan modul ukuran multiplek agar tdk banyak pekerjaan/proses potong sambung.

Design bangunan awalnya konsep semi permanen karena pertimbangan( posisi yang ada di depan bangunan Utama baiknya rapi, kekuatan karena lokasi tempat banjir biar Kuat) dr team pelaksana akhirnya diputuskan bangunan yg bawah Lt. Dasar permanen. Dan bangunan Lt. 2 tetep semi permanen ber bahan rangka Baja/besi ditutup GRC.


Komplitnya bangunan ini adanya sebuah dapur mungil ukuran 2 x 2m yg fungsinya mendukung kegiatan kalau ada acara/event di Musholla. Khususnya keseharian marbot itu sendiri pastinya .



https://www.wk1arsitek.com/2021/06/jasa-desain-arsitek-terjangkau.html?m=1

design 

Konsep modern terlihat dr material  dan model Tangga terbuat dari baja UNP, plat Borders dari rangka siku. kisi-kisi holo 4x2 yg disusun rapi menjadi kamuflase menara pengeras musholla tersebut.



photo real


Bangunan ini di Konsep Ar oleh Ir. Wardoyo yaitu arsitek senior yang tak diragukan dan terhitung karya-karyanya. Dikonsep saat menjadi ketua DKM demisioner Dan dilaksanakan diakhir kepemimpinannya. Dan diteruskan oleh DKM yang baru Oktober 2020.


Pelaksana waktu itu dimulai September 2020 sampai November 2020 oleh Sutikno dan Tim  Al Ukhuwwah Build. Banyak perdebatan saat prosesnya tetapi atas Izin Allah semua selesai dengan hasil terbaiknya.

semoga bisa menjadi catatan , informasi dan membawa manfaat.

Terimakasih

Ditulis 

Sutikno

Cara Merawat Rumah Kesayangan

Cara Merawat Rumah Kesayangan

 Ingin rumah awet sepanjang masa hidup Anda. Rumah kalo bisa seawet mungkin hingga diwariskan ke anak cucu. Bagaimana tips merawat rumah agar awet?

Rumah merupakan tempat tinggal yang biasanya dihuni oleh sebuah keluarga. Di dalam rumahlah keluarga tinggal, berlindung, berinteraksi, dan lain sebagainya. Rumah yang nyaman dan aman tentunya menjadi impian banyak keluarga.

Tips Merawat Rumah Agar Awet

Nah, salah satu hal yang perlu dilakukan agar rumah nyaman dihuni adalah dengan melakukan perawatan rumah. Perawatan rumah mencakup perawatan bagian dalam (interior) dan perawatan bagian luar (eksterior) rumah.

Tim Nikifour kontraktor terbaik memberikan tips dan langkah melakukan perawatan rumah agar tahan lama, tidak mudah rusak, dan nyaman dihuni. Yuk simak informasi dan ulasannya berikut ini!

Perawatan Interior Rumah

Bagian dalam atau interior rumah mencakup segala sesuatu yang berada di dalam rumah itu seperti dinding, lantai, plafon, dapur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, dan lain sebagainya.

Perawatan interior rumah harus diperhatikan secara maksimal karena di sinilah keluarga itu tinggal dan menetap dalam jangka waktu lama. Sehingga aspek kebersihan, pemeliharaan perabotan, dan perawatan bangunan harus terus-menerus dilakukan.

Beberapa aspek penting yang disarankan tim Nikifour kontraktor terbaik terkait perawatan interior rumah adalah sebagai berikut.

  • Memperbaiki lantai keramik. Kadangkala karena cara pemasangan yang tak sempurna lantai keramik mudah pecah atau terlepas sehingga butuh perbaikan. Caranya adalah kemarik yang retak atau terlepas dilepas. Kemudian nat dikorek-korek dengan benda tajam. Selanjutnya pasangkan keramik baru dengan membuat dasar pemasangannya dengan baik.
  • Mengecat dinding. Agar dinding awet cara yang dilakukan adalah dengan memberi lapisan cat yang tak mudah terkelupas. Caranya dengan membatasi penggunaan plamur. Selain itu lakukan pengecatan dengan cat berkualitas pada saat dinding kering. Bila cat dinding mengelupas karena kondisinya sudah lama, maka pengecatan ulang bisa dilakukan 6 bulan sekali.
  • Kebersihan kamar mandi yang mencakup lantai, dinding, bak mandi, pembuangan, dan kloset (jika menyatu dengan toilet). Bagian-bagian tersebut mudah sekali kotor dan berkerak sehingga perawatan dan kebersihannya harus rutin dilakukan. Cara yang bisa dilakukan dengan membersihkan kerak dengan sikat, setelah itu gunakan asam sitrat/citroenzuur (diamkan selama 1 jam), dan sikat hingga bersih.
  • Mengatasi jamur dalam rumah. Jamur adalah masalah yang membuat rumah tidak nyaman dihuni dan bisa membuatnya tak tahan lama. Cara membersihkan jamur di rumah bisa dilakukan dengan fungsida, cuka atau cairan disinfektan menggunakan lap kain.
  • Bagian plafon yang rusak atau bocor bisa diganti dengan plafon yang baru.
  • Untuk menjaga kusen pintu dan jendela supaya aman dari gangguan rayap gunakan obat anti jamur agar rayap tak menghinggapi dan bersarang.

Intinya perawatan interior rumah dilakukan dengan menjaga kebersihan, memperbaiki dan mengganti bagian rumah yang rusak, dan menjaga perabotan rumah agar tetap awet dan bersih.

Perawatan Eksterior Rumah

Tak berbeda jauh dengan perawatan interior, perawatan eksterior rumah juga penting dilakukan. Terlebih bagian luar rumah sering dilihat orang lain karena posisinya yang paling nampak.

Merawat bagian eksterior rumah bisa dilakukan dengan menjaga dan memelihara bagian atap, dinding luar rumah, selasar/teras, dan bagian luar lainnya. Anda bisa memperbaiki atap yang rusak dan bocor, mengecat dinding rumah, memperbaiki teras, dan bagian luar rumah lainnya.

Bagian dalam dan luar rumah yang terawat dan terjaga dengan baik menunjukkan bahwa pemilik rumah memiliki benar-benar orang yang peduli akan kenyamanan tempat tinggalnya.

Nah demikianlah setidaknya beberapa tips merawat rumah agar awet. Supaya perawatan rumah (interior dan eksterior) Anda benar-benar terjaga dengan baik, Anda bisa menggunakan jasa Nikifour kontraktor terbaik.

Sumber: nikifour.co.id


Arsitek mentereng Indonesia

Arsitek mentereng Indonesia

 

4 Arsitek Lokal yang Membuat Anda Bangga Menjadi Orang Indonesia

Pernah merasa takjub dengan penampakan gedung-gedung indah di sekitar Anda? Di balik desain dan kaca-kacanya yang menampilkan siluet indah, gedung-gedung ini punya seorang arsitek sebagai perancangnya.

Indonesia pun tidak pernah kekurangan arsitek lokal yang punya prestasi mengagumkan pada setiap rancang bangunannya. Dari zaman penjajahan Belanda hingga era modern, selalu lahir arsitek lokal yang membuat kita bangga menjadi orang Indonesia.

Hingga sekarang, bangunan-bangunan tersebut masih beriri kokoh dan tidak kehilangan karakter dari tangan dingin sang arsitek meskipun sudah dipugar beberapa kali.

Siapa saja arsitek lokal yang membuat kita bangga dengan karya-karyanya?

1. Ir. Soekarno

28022fc65fa482a9efc4b59431917fd4-071148200_1426662379-10a
Presiden pertama Indonesia saat masa penjajahan bersekolah tercatat sebagai mahasiswa Teknik Sipil Technische Hoogeschool te Bandoeng atau sekarang dikenal dengan nama ITB, Institut Teknologi Bandung.

Pengalamannya sebagai seorang arsitekdimulai ketika ia mendapatkan ilmu-ilmu berharga dari Wolff Schoemaker, guru besar Technische Hoogeschool te Bandoeng pada saat itu.

Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan biro insinyur bersama Ir. Anwari, dan mengerjakan rancang bangun. Kemudian bersama Ir. Rooseno, Ayah dari Megawati ini juga merancang dan membangun rumah serta bangunan lainnya.

Setelah menjadi Presiden, Soekarno memang sibuk mengurus kebutuhan negara, namun tidak membuat sentuhan seninya di bidang arsitek menjadi hilang.

Arsitektur Hotel Indonesia Gedung MPR/DPR dan Monas adalah hasil dari visi dan pemikirannya sebagai seorang arsitek, meskipun pada prosesnya pengerjaan drancang bangunan ini dilakukan oleh arsitek dari negara lain.

Tentu saja, selain sebagai presiden, Soekarno akan selalu dikenang sebagai arsitek lokal yang membuat Anda bangga menjadi orang Indonesia.

2. Andra Matin

Andra-Matin-seminar-medansatu
Jika Anda berkunjung ke Bali dan mampir ke Potato Head Club, maka Anda sedang menikmati hasil karya salah satu arsitekhebat Indonesia hingga hari ini. Isandra Matin Ahmad atau dikenal dengan Andra Matin adalah sang juru raciknya.

Mendirikan Andra Matin Architects pada tahun 1988 pria ini diganjar penghargaan meraih IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award pada tahun 1999 dan 2002.

Selain Potato Head, Taman Rendo, monumen untuk memperingati perjuangan Ir. Soekarno di Nusa Tenggara Timur merupakan hasil visinya dalam mengembangkan karya-karya arsitek.

Ciri khas yang paling terasa dari setiap karya Andra Martin adalah struktur geometris yang terasa identik ditambah dengan penggunaan garis minimalis.

Selain itu Andra Matin juga lihai dalam membuat komposisi sebuah bangunan. Ini terlihat dari pembagian level setiap ruangan yang memberikan kesan terhubung.

3. Ridwan Kamil

RK_jakartasatuco
Jauh sebelum terkenal sebagai walikota Bandung yang selalu menghibur nasib para jomblo di kota kembang, Ridwan Kamiladalah seorang arsitek, perancang kota dan pendidik di ITB Bandung.

Arsitek yang pernah mengenyam pendidikan di Berkeley, California ini pernah diganjar penghargaan Young Design Entrepreneur of the Year pada tahun 2006.

Setelah pulang dari Amerika, Ridwan kamillangsung mendirikan Urbane arsitektur bersama beberapa teman-temannya. Ciri khas yang paling melekat dari setiap karya Ridwan Kamil bersama Urbane adalah gaya urban desain yang menarik.

Buktinya, The Raajiva Design Ubud dan Jimbaran Silk Residence Bali adalah bukti ampuhnya tangan Ridwan Kamil dalam menciptakan visi serta membangun desain bergaya urban.

Tidak hanya untuk lokal, namun karya Ridwan Kamil juga bisa dinikmati masyarakat di luar negri. Tech Park Kunming, Mossque Beijing Islamic Centre, Suzhou Retail Waterfront, Tiongkok, Grand Tourism Community Club House Calcutta, Ras Al Kaimah Waterfront, UEA merupakan beberapa karya Ridwan Kamil bersama Urbane.

4. Budi Pradono

fr-sosok-budi-aradono
Masyarakat di luar negeri sudah memiliki konsep rumah ramah lingkungan dengan arsitekarsitek terbaik yang sudah ada. Indonesia pun tidak mau kalah dengan arsitektur lokal yang mengembangkan konsep arsitektur hijau.

Budi Pradono adalah arsitek lokal yang bisa dibanggakan akan karya ini.

Hasilnya tahun 2005 karya Budi pernah diliput a+u, majalah arsitektur dan urbanisme dari Jepang yang selalu menjadi tolak ukur tentang pengembangan arsitektur hijau di seluruh dunia.

Hasil karyanya pun beragam mulai dari perkantoran di Jakarta hingga Pure Shi Shin dan Flora Building yang berada di Taipei, Taiwan.

Hingga kini Budi masih menjadi salah satu arsitek muda yang akan memiliki masa depan cerah mengingat konsep hunian ramah lingkungan akan menjadi tren di masa yang datang.

Di masa yang akan datang, mari menunggu apakah Budi akan menerapkan konsep arsitektur hijaunya di Indonesia dan membuat kita memiliki arsitek lokal yang membuat Anda bangga menjadi orang Indonesia.


Sumber Tulisan :http://arsitektur-indonesia.com/

Last Project

7 Tahun
bersyukur per tahun 2022 bergerak berkarya melayani Klien
233 Klien
Bersyukur per tahun 2022 masuk Desain dan Perencanaan Bangunan
117 Customers
Bersyukur per tahun 2022 pembangunan dari Nol dan Renovasi

Our Team

Sutikno
Memberi Manfaat Pada sesama adalah filosofi sebuah hidup, tak diragukan lagi jika bapak dua anak ini dalam desain- desainnya maksimal dan terukur
Nurul Chosasih
Lulusan arsitektur termuda diantara lainnya, desain- desainnya selalu logic dan realistic makanya proses implementasi dilapangan akurat dan tepat sasaran.
Achmad Koswara
Siapa tak kenal Arsitek dari tiga orang anak ini, gaya desain yang sering memadukan 2 karakter gaya arsitektur tak heran karyanya selalu future kekinian
Agus Susanto
Belum puas menimba ilmu arsitektur kemudian melanjutkan study-nya spesialis Interior Design, sudah tidak diragukan lagi karya- karya interiornya.

Contact

Silahkan hubungi kami

Kepercayaan anda sangat berharga untuk kami, Jika anda salah memilih jasa rancang bangun, setiap hari akan melihat kesalahan itu.

Address:

Perum. Villa Nusa Indah 1 Blok N4 No. 15, Bojong Kulur, Bogor. 16969

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

081286455177

Search

Powered by Blogger.