Persiapan apa saja Membangun rumah di musim hujan dan bagaimana mengatasi saat hujan datang bahkan banjir melanda?

Persiapan apa saja Membangun rumah di musim hujan dan bagaimana mengatasi saat hujan datang bahkan banjir melanda?

Ada Kala nya kita harus membangun sebuah rumah dimulai saat musim penghujan.musim ini jika di negara kita indonesia di bulan November sampai maret. Membangun rumah ketika memasuki musim hujan memang Perlu persiapan Khusus yang tidak standartnya, Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Membangun rumah saat musim hujan perlu dibarengi oleh pengetahuan yang memadai.

Pasalnya, medan yang di hadapi akan berbeda dengan musim kemarau. Dari mulai persiapan, pemilihan bahan, hingga berbagai antisipasi lain.

Maka dari itu, untuk kamu yang berniat membangun rumah saat musim penghujan, simak poin berikut, yuuuuuk!


membangun rumah di musim penghujan


Ini Dia saran kita Sebelum Membangun Rumah di Musim Hujan

Cek Info Cuaca Secara Berkala

Saat hendak membangun rumah di musim hujan, langkah pertama yang dilakukan adalah cek informasi Ramalan cuaca lokasi anda membangun.

Informasi tersebut mudah didapatkan, seperti dari situs resmi, media sosial atau aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Tujuannya agar kamu memberitahu pekerja dan melakukan persiapan jika hujan datang di tengah proses membangun rumah.

Ketahui Karakteristik Bahan Bangunan

Ini mungkin penting, sifat-sifat bahan bangunan cukup beragam; ada yang tahan terhadap air, dan ada pula meterial tidak tahan air. Mengetaui karakteristik bahan bangunan, membantu kamu untuk mengkondisikan letak penyimpanannya.

Pasang Atap/ terpal Darurat

Pemasangan atap darurat bisa menggunakan terpal. Hal ini guna melindungi berbagai material bangunan dan para pekerja agar kegiatan pembangunan tetep bisa berjalan.

Cek dan ricek kondisi terpal kuat agar tidak bocor-bocor saat diterpa hujan atau pun angin.


Lokasi Wajib Aman dari Aliran Air

Sebelum membangun rumah, saran kami anda riset atau bertanya kepada pemilik lahan sebelumnya atau tetangga  sekitarnya; apakah lokasi yang sedang kamu bangun adalah jalur air?

Gambaran pahitnya jika lokasi menjadi jalur air akan sangat menghambat proses pembangunan dan berisiko.Setelah memastikan jalur air, kamu dapat membuat parit kecil di sekitar lokasi sebagai lalu lintas air hujan.

Langkah antisipasi supaya air tidak menggenang di lokasi pembangunan yang dapat membasahi material.

Amankan Material yang Tak Tahan Air

Kiat satu ini tidak boleh dilewatkan.

Seusai mengetahui sifat material bangunan, kamu dapat menyimpannya di tempat kondusif. auhi dari potensi genangan dan jalur air. Material seperti bata, semen, pasir, dan koral wajib dikondisikan tempat penyimpanannya.

Siapkan Alat Pengaman

Walau sudah rutin mengecek informasi prakiraan cuaca lewat BMKG, alam tetaplah alam yang tak bisa manusia prediksi.

Siapa yang tahu, seberapa besar hujan atau sambaran kilatan yang terjadi. Olehkarena  itu, siapkan sejumlah alat pengaman, seperti penangkal pertir di sekitar lokasi. Supaya kamu dan para pekerja merasa aman dan terhindar dari risiko kecelakaan.

Pintar Mengatur Waktu dan Prioritas Pekerjaan

Perlu ada schedule waktu yang tepat, khususnya dalam mengatur pembelian material dan proses pengerjaan. Jika anda tidak terlalu paham anda bisa bisa berkonsultasi ahlinya bjsa konsultan bangunan

Jangan bernafsu ingin memborong bahan bangunan dalam sekali waktu. Sebaiknya, atur sedemikian rupa guna menyesuaikan dengan proses pengerjaan.

Pilih Pekerja yang Sudah terampil

Kondisi hujan yang tak bisa diprediksi mengharuskan kamu memakai jasa pekerja atau tukang yang andal dan terampil.

Ada dua alasan.

Pertama menghindari keluhan karena pekerjaanya terganggu akibat hujan.

Kedua, kendala seperti hujan harus ditangani oleh orang-orang yang sudah terampil dan ahli untuk meminimalkan potensi masalah.

Siapkan Bujet lebih

Jangan terlalu press budget, Sudah dijelaskan berulang bahwa hujan adalah sesuatu yang tak bisa diprediksi.Maka dari itu, segalanya perlu disiapkan sedari dini, misalnya mempunyai bujet tambahan.

Hal ini adalah langkah preventif jika waktu pengerjaan menjadi lebih lama dan ada bahan bangunan yang mengalami kerusakan.

Utamakan Keselamatan

Dalam membangun rumah, bagaimanapun keselamatan adalah nomor satu. Safety first dalam Bahasa kita dengar.

Ketika di tengah kondisi pengerjaan terjadi hujan besar dan ada kilatan petir berbahaya bagi pekerja, lebih baik hentikan proses pembangunan untuk sementara.Walau material ada yang hancur atau rusak tetapi keamanan dan keselamatan pekerja harus didahulukan.

Mungkin itu yang kami bisa sampaikan sebelum anda membagun rumah di musim hujan dan kiat kiatnya.. semoga bermanfaat.

referensi untuk anda juga

Contact

Silahkan hubungi kami

Kepercayaan anda sangat berharga untuk kami, Jika anda salah memilih jasa rancang bangun, setiap hari akan melihat kesalahan itu.

Address:

Perum. Villa Nusa Indah 1 Blok N4 No. 15, Bojong Kulur, Bogor. 16969

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

081286455177

Search

Powered by Blogger.