Rumah sehat modern adalah jawaban konsep hunian dimasa virus corona sedang melanda dunia

Sangat banyak orang orang/ arsitek yang menginnginkan  konsep Rumah/ Hunian sehat modern, terlebih akhir akhir ini dunia sedang menghadapi serangan virus Corona. Bahkan developer- developer berlomba untuk bisa menciptakan hunian/ peRumah/ Hunianan- peRumah/ Hunianan yang mendukung Rumah/ Hunian sehat modern ini. Untuk lebih lanjut kita perlu ketahui apa Rumah/ Hunian modern dan apa Rumah/ Hunian sehat, ikuti ya…

 

RUMAH/ HUNIAN SEHAT MODERN
    Dari Internet


RUMAH/ HUNIAN MODERN

Saat ini istilah Rumah/ Hunian modern sudah menjadi hal umum, bahkan banyak peRumah/ Hunianan yang menerapkannya. Tapi meski sudah banyak diketahui orang, tetap saja banyak yang menganggap bahwa gaya desain modern saat ini sama dengan desain minimalis, Industrial dan Scandinavian. Faktanya, ketiga arsitektur tersebut masuk dalam kategori Kontemporer atau bisa disebut “desain terbarukan”.

 

mari kita kupas satu persatu melalui pengenalan konsep, karakteristik, hingga inspirasi desain Rumah/ Hunian modern di bawah ini!

 


Eksterior Rumah/ Hunian modern memiliki bentuk tidak simetris, atap datar dan Jendela Besar. Sedangkan desain interiornya menampilkan warna-warna netral dan palet monokrom dengan satu aksen.

 

Kemudian, denah hunian modern menerapkan konsep terbuka dengan floating furniture yang memberikan kesan lapang/ Luas.

 

Bagaimana ciri-ciri dari desain modern tersebut?? Untuk memudahkan anda  memilih desain modern pada Rumah/ Hunian, berikut beberapa informasi mengenai Rumah/ Hunian modern, berikut informasinya :

Menggunakan Batu Alam, Dalam Rumah/ Hunian modern, biasanya salah satu bahan bangunannya, menggunakan batu alam. Batu-batu alam inilah yang dapat memberikan nilai mewah bagi Rumah/ Hunian. Sehingga Rumah/ Hunian yang dipasangi batu alam tampak lebih berkelas.

Memiliki Taman dan GarasiTaman sudah menjadi ciri khas bagi Rumah/ Hunian modern, begitu juga dengan garasi. Untuk taman dalam ruma modern tidak harus luas, yang terpenting adalah dalam penataannya, jika anda mempunyai luas taman yang sedikit, anda juga bisa menatanya, anda bisa melihat penataan taman di artikel artikel di Internet. Dengan adanya taman dan garasi akan memberikan kesan istimewa pada Rumah/ Hunian modern.

Memiliki balkon depan, Ciri-ciri lain dari Rumah/ Hunian yang berdesain modern adalah, Rumah/ Hunian tersebut memiliki balkon. Fungsi dari balkon tersebut adalah untuk berkumpul bersama keluarga dan juga sebagai penanda kalau Rumah/ Hunian tersebut mempunyai lantai atas. Tapi tidak semua Rumah/ Hunian modern memiliki balkon, tergantung pemilik Rumah/ Huniannya tersebut.

Variasi warna yang mencolok, Dulu Rumah/ Hunian yang berdesain modern biasanya memiliki 2 warna yaitu hitam dan putih. Tetapi seiiring perkembangan Interior masa kini, kebanyakan Rumah/ Hunian modern mengandalkan warna-warna mencolok pada dinding, pagar, jendela, dan kayu-kayu pintu. Hal tersebut dapat menarik mata seseorang yang berjalan melewati Rumah/ Hunian tersebut untuk melihatnya. Hal diatas adalah beberapa informasi/ dan ciri-ciri dari desain modern pada Rumah/ Hunian.

 

RUMAH/ HUNIAN SEHAT

Dikutip dari eprints.ums.ac.id, menurut Depkes RI (2012), Rumah/ Hunian sehat merupakan Rumah/ Hunian yang memenuhi kriteria minimal seperti akses air minum, akses jamban sehat, lantai, ventilasi, dan pencahayaan. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa Rumah/ Hunian sehat adalah Rumah/ Hunian yang bebas dari pencemaran baik udara maupun lingkungan.Dan  persyaratan Rumah/ Hunian sehat menurut permenkes 2014 adalh sebagai berikut.

Ventilasi dan Sirkulasi Udara yang Baik

Ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara juga baik sehingga penghuni Rumah/ Hunian memiliki pernapasan yang baik. Ukuran ventilasi yang baik minimal 10% dari total luas lantai di ruangan agar tidak ada kata pengap maupun lembab yang berbahaya bagi kesehatan Rumah/ Hunian maupun penghuni.

 

Punya Sistem Pembuangan Sampah yang Baik

Sampah tidak hanya mengganggu indra penglihatan juga penciuman, namun juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itulah, mengelola sampah baik cair maupun padat harus dilakukan dengan sangat baik. Jika tidak, sampah bisa saja mencemari permukaan tanah maupun sumber air. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

 

Halaman yang Luas dan Ditumbuhi Pepohonan

Halaman Rumah/ Hunian yang luas akan memberikan kesempatan kepada buah hati untuk bermain dengan bebas. Jangan lupa untuk mengisi halaman Rumah/ Hunian dengan pohon agar selalu memberikan oksigen yang baik bagi kesehatan tubuh. Suasana yang rindang bahkan akan membuat pikiran jauh lebih tenang dibandingkan halaman yang gersang.



Air dan Sanitasi Lingkungan yang Bersih

Air serta sanitasi lingkungan merupakan hal yang penting dan kerap menjadi perhatian utama setiap Rumah/ Hunian karena kebutuhan air yang sehat dan sanitasi yang baik akan memberikan dampak yang baik juga kedepannya.

 

Ruang Mandi dan Tempat Mencuci Sehat

Kesehatan air juga akan berdampak pada Ruang mandi dan tempat mencuci yang sehat. Selain itu, jangan lupa bagian ini selalu diberikan pencahayaan yang alami sehingga tidak akan timbul lumut dan lain sebagainya yang juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Bebas dari Jamur maupun Binatang yang menularkan Penyakit

Jamur serta binatang yang dapat menularkan penyakit seperti tikus, kecoa dan lain-lain seharusnya tidak ada di Rumah/ Hunian yang sehat karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan Rumah/ Hunian maupun penghuni.

 

Penataan Ruang Makan dan Dapur yang Sehat

Ruang makan tidak hanya digunakan untuk mengisi nutrisi dalam tubuh namun bisa juga sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Oleh karena itu, penataan ruang makan harus sehat dengan penerangan yang alami hingga penerangan buatan yang cukup. Hal ini juga berlaku bagi bagian dapur, tempat penyiapan makanan.

 

Ruang Tidur dengan Penataan Ruang yang Sehat

Hal yang tidak kalah penting adalah tempat atau ruangan tidur yang harus dibuat sesehat mungkin karena Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk beristirahat setelah lelah bekerja. Tidak hanya mengisi daya, kesehatan ruang tidur juga akan membantumu menjaga kesehatan tubuh.

 

Bahan Bangunan

Sebagai salah satu aspek paling penting dalam proses pembangunan, pemilihan material bahan bangunan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kualitas bahan bangunan snagat berpengaruh terhadap kualitas keseluruhan bangunan. Pemilihan bahan bangunan untuk Rumah/ Hunian sehat lagi kokoh, setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

Pencahayaan

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999. Rumah/ Hunian harus memiliki pencahayaan yang dapat menerangi seluruh ruangan dengan minimal intensitasnya 60 lux serta tidak menyilaukan. Sayangnya, tak sedikit pemilik Rumah/ Hunian yang abai akan pencahayaan Rumah/ Hunian ini. Padahal, pencahayaan Rumah/ Hunian yang baik menunjang kenyamanan beraktivitas sang pemilik Rumah/ Hunian. Baik itu di luar maupun di dalam Rumah/ Hunian.

 

Binatang Penular Penyakit

Sebuah Rumah/ Hunian dikatakan sehat bilamana Rumah/ Hunian tersebut bebas dari gangguan binatang penular penyakit, seperti tikus. Keberadaan binatang pengerat ini tentu saja dapat mengancam kesehatan keluarga.



 

RUMAH/ HUNIAN SEHAT MODERN

 

Setelah Anda Membaca  dan mengetahui rumah sehat dan rumah modern pasti anda ingin menerapkannya bukan? Semoga anda yang sedang mencari referensi  sebelum membangun atau sudah membangun belum tau kategori rumah yang sedang dibangun mendapat jawabanya dari artikel pendek ini.

 

terimakasih

 

Banyak Sumber dari Internet

Contact

Silahkan hubungi kami

Kepercayaan anda sangat berharga untuk kami, Jika anda salah memilih jasa rancang bangun, setiap hari akan melihat kesalahan itu.

Address:

Perum. Villa Nusa Indah 1 Blok N4 No. 15, Bojong Kulur, Bogor. 16969

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

081286455177

Search

Powered by Blogger.